Cari Blog Ini

Kamis, 18 November 2010

tugas pengantar bisnis minggu ke 5

Nama : Ikatama Rachayu Putri
Kelas :I EB 18
Npm :23210411


1)   1.   SEBUTKAN FUNGSI  MANAJEMEN  DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA

Jawab :
> Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

> Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

> Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha

Penerapan diri :
Sebagaimana kita mengetahui tentang fungsi dan tujuan dari manajemen yaitu untuk mengatur, menyusun sumber daya supaya lebih efektif dan efisien. . Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal dan Kita harus kiat atau pintar-pintar dalam me-manage waktu, dengan adanya managemen yang di terapkan, maka semua kegiatan yang bersangkutan dengan kehidupan sehari-hari bisa di lakukan sesuai dengan planning yang kita rencanakan dan mencapai sasaran.
 
2) APA  CIRI MANAJER  PROFESIONAL  BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG BERKAITAN:
- DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
- DENGAN INFORMASI 
- DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN 
Jawab :

- Hubungan antar pribadi

·         Pemimpin lambang  (figurehead)

Kepala simbolis : diperlukan untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan social.

·         Pemimpin  (leader)

Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan para bawahan : bertanggung jawab untuk mengisis posisi yang kosong melatih dan tugas-tugas terkait.

·         Penghubung (liaison) :

memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan maupun informasi. 
 



- Hubungan Informasi

·         Pemantau (Monitor) :

Sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi.

·         Penyebar (Dissiminator) :

Meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi.

·         Jurubicara (Spokesperson) :

Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi.



-Hubungan pengambilan keputusan

-      Wirausaha (Entrepreneur) :
Mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek-proyek perbaikkan” untuk menimbulkan perubahan

-       Pengendali Gangguan (Disturbance Handler) :
 Bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.
-      Pengalokasi Sumber Daya (Resource Allocator) Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi
-      Perunding: Mewakili organisasi pada perundingan- perundingan utama.

3) SEBUTKAN BENTUK – BENTUK  ORGANISASI 

Jawab :


>Bentuk Organisasi Garis

 
Bentuk ini merupakan nbentuk organisasi paling tua dan paling sederhana. 
Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol. Biasa juga disebut dengan organisasi militer dimana 
cirinya adalah struktur organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit, saling kenal,
dan spesialisai kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.

 Kebaikannya;
        
       1. Kesatuan komado terjamin baik karena pimpinan berada pada satu tangan. 
       2. Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat karena jumlah orang yang diajak berkonsultasi 
           masih sedikit. 
       3. Rasa solidaritas dianatara karyawan umumnya tinggi karena saling mengenal.

Keburukannya:
      1. Seluruh organisasi tergantung pada satu pimpinan (satu orang) dimana bila pimpinan 
          tersebut berhalangan maka organisasi tersebut akan atau hancur. 
      2. Ada kecenderungan pimpinan bertindak secara otokratis. 
      3. Kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas. 


  >Bentuk Organisasi fungsional

Bentuk ini merupakan bentuk dimana sebagian atau segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang
jelas karena setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya. Bentuk ini
dikembangkan oleh FW Taylor.

Kebaikannya:
       1.Pembidangan tugas-tugas jelas. 
       2.Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin. 
       3.Digunakannya tenga-tenaga ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan fungsinya.

Keburukannya:
    
       1.Karena adanya spesialisasi kerja maka akan sulit untuk mengadakan tour of duty.
       2.Karyawan lebih mementingkan bidangnya sehingga sukar untuk melaksanakan koordinasi.

>Bentuk organisasi garis dan staff 
Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas.
yang beraneka dan rumit serta jumlah karyawan yang banyak. Bentuk ini diciptakan oleh 
Harrington Emerson.
Kebaikannya:
 
       1. Dapat digunakan pada setiap organisasi yang besar, apapun tujuannya, luas organisasinya,dan 
           kompleksitas susunan organisasinya. 
       2. Pengambilan keputusan lebih mudah karena adanya dukungan dari staf ahli. 
       3. Perwujudan “the right man in the right place”lebih mudah terlaksana.
Keburukannya;
       1. Sesama karyawan dapat terjadi tidak saling mengenal, solidaritas sulit terbangun.
       2. Karena susunan organisasinya yang koompleksitas, maka kesulitannya adalah dalam 
           bidang koordinasi antar divisi atau departemen.
>Bentuk Organisasi Fungsional dan staff
 Bentuk ini merupakan kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi 
garis dan staff. Adapun kebaikan dan keburukan dari bentuk organisasi ini adalah juga merupakan 
kombinasi dari bentuk diatas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar